Contoh Laporan Praktek Kerja Industri ( PRAKERIN ) TKJ SMKN Tentang TROUBLE SHOOTING JARINGAN WIFI


BAB I
PENDAHULUAN
1.1. LATAR BELAKANG

Dalam kegiatan prakerin ini Penulis di tempatkan di MENTARI ESA.COM yang bergerak di bidang usaha service komputer/laptop, hardware, software, cetak foto dan service printer, pemasangan dan perbaikan jaringan. Oleh karena itu penulis memilih salah satu dari bidang tersebut yaitu bagian pemasangan dan perbaikan jaringan Wifi. Karena pada era globalisasi sekarang ini,Jaringan Wifi sangat di butuhkan oleh semua kalangan pelajar, perkantoran, perusahaan ,sehingga seseorang yang menggunakanJaringan Wifi sering menemukan permasalahan yang terjadi, baik permasalahan Hardware maupun setingan tentu saja hal seperti itu sering terjadi, oleh karena itu saya mencoba membahas permasalahan yang sering terjadi pada Jaringan wifi atau sering di sebut dengan troubleshooting Wifi.

1.2. TUJUAN PRAKRIN
     Adapun tujuan yang ingin di capai oleh penulis dari pelaksanaan prakerin diantaranya ialah:
1.      Meningkatkan perluasan dan penyerapan keterampilan dalam kegiatan keja yang berbentuk kemampuan siswa/siswi dalam mencocokan teori dan praktek.
2.      Siswa/siswi mendapat pengalaman langsung dari dunia usaha/kerja.
3.      Mendapat pengetahuan dan pengalaman dari dunia kerja secara langsung.
4.      Siswa/siswi dapat mengetahui tentang dunia kerja yang sebenarnya dari dunia kerja itu sendiri.
5.      Penulis ingin memperluas pengetahuan tentang troubleshooting Wifi, karena penulis sering menemukan tentang permasalahan dan kesulitan dalam menjalankan sebuah Jaringan.


1.3. Lokasi, Waktu, Dan Tempat Prakerin.

Penulis melaksanakan prakerin di Mentari Esa Com di Jalan Tengku Umar   depan puskesmas Penanggalan Kota Subulussalam. Penulis melaksanakan prakerin kurang lebih dua bulan, yaitu di mulai dari tanggal 5 Januari 2015 sampai dengan 5 maret 2015. Pelaksanaan prakerin dilakukan setiap hari Senin s/d Sabtu dimulai dari pukul 08.00 s/d 17.00 wib.
1.4.RUMUSAN MASALAH
1.      Menganalisis Troubleshooting hadwere dan setingan
2.      Cara menagatsi Troubleshooting hardware pada personal Wifi (Wireless Fedelity)
3.      Cara mengatasi Troubleshooting setingan pada personal Wifi (Wireless Fedelity)
1.5.BATASAN MASALAH

Dalam pembuatan laporan ini penulis hanya membahas tentang permasalahan/troubleshooting yang sering terjadi, seperti bagiaan-bagian hardware ataupun setingan, yang terjadi pada Jaringan wifi selama penulis berada di Mentari Esa. Com.


BAB II
TEORI DASAR
          2.1 Pengertian Troubleshooting Wifi
   Troubleshooting Wifi adalah adanya suatu masalah atau adanya ketidak normalan pada Jaringan Wifi kita. Masalah komputer atau troubleshooting dibagi menjadi 2 troubleshooting hardware dan troubleshooting software.  Troubleshooting hardware biasanya ditandai dengan komputer tidak dapat menyala, monitor mati dan lain sebagainya. Sedangkan troubleshooting setingan ditandai dengan lambatnya kinerja wifi dan lain-lain. Meski tidak menutup kemungnkinan juga gejala-gejala lambatnya wifi terjadi tidak hanya pada setingan tetapi juga troubleshooting hardware.
Cara mengatasi troubleshooting standard pada jaringan wifi kita bisa dikatakan pertolongan pertama pada jaringan wifi kita yang terjadi masalah analisa troubleshooting tersebut dan bagaimana cara mengatasinya bisa simak solusi troubleshooting hardware pada jaringan wifi.



BAB  III
PANDANGAN UMUM TEMPAT PRAKRIN

3.1. Sejarah Organisasi / Perusahaan

Mentari Esa Comsel atau sekarang sering di sebut dengan nama Mentari Esa. com berdiri pada tanggal 11 maret 2005. Pada awalnya Mentari Esa Comsel bergerak di bidang pengetikan, photo copy, perbaikan komputer, penjualan handphone, eccesoris, dan service handphone.
Seiring dengan banyaknya perbaikan komputer, laptop, dan printer, maka secara bertahap Mentari Esa Comsel konsen di  bidang computer, laptop dan printer. Sehingga pengetikan, photocopy, dan ponsel secara bertahap ditinggalkan agar lebih fokus dalam melayani dan menangani penjualan dan perbaikan komputer, laptop, dan printer.
Sejak berdirinya hingga sekarang Mentari Esa Comsel masih tetap eksis dan konsen di bidang penjualan dan perbaikan komputer, laptop, dan printer, dan juga menerima cuci/ cetak photo digital.












3.2.Struktur Organisasi Instansi/ Bidang Usaha.

























2.3.Manfaat Mentari Esa .com Bagi Masyarakat
Mentari Esa.com Subulussalam sangt bermanfaat bagi masyarakat Kota Subulussalam. karena perusahaan ini menyediakan layanan berupa perbaikan komputer, laptop, printer dan penjualan serta juga menerima percetakan photo digital. Sehingga sangat membantu masyarakat setempat untuk perbaikan komputer, laptop, printer.
3.4  .Tupokosi Masing-Masing Bidang

1)      Ahmad Firdaus ST, sebagai pimpinan usaha MENTARI ESA .COM dan sekali gus teknnisi service computer,Laptop dan Jaringan.
2)      Ifen Pranata Manik, teknisi yang bergerak di bidang service komputer, laptop, dan printer.
3)      Iwan BD, Teknisi yang bergerak di bidang service komputer, laptop, printer, dan melayani penjualan.
4)      Jiegif Locco, sebagai master editing yang mengoprasikan edit photo shoop, corell draw (cetak photo), dan pembukuan.
5)      Sinto Sulaiman, teknisi yang bergerak di bidang service printer (khusus).



BAB IV
PEMBAHASAN

          4.1 Pengertian Troubleshooting Wifi
   Troubleshooting Wifi adalah adanya suatu masalah atau adanya ketidak normalan pada Jaringan Wifi kita. Masalah komputer atau troubleshooting dibagi menjadi 2 troubleshooting hardware dan troubleshooting software.  Troubleshooting hardware biasanya ditandai dengan komputer tidak dapat menyala, monitor mati dan lain sebagainya. Sedangkan troubleshooting setingan ditandai dengan lambatnya kinerja wifi dan lain-lain. Meski tidak menutup kemungnkinan juga gejala-gejala lambatnya wifi terjadi tidak hanya pada setingan tetapi juga troubleshooting hardware.
Cara mengatasi troubleshooting standard pada jaringan wifi kita bisa dikatakan pertolongan pertama pada jaringan wifi kita yang terjadi masalah analisa troubleshooting tersebut dan bagaimana cara mengatasinya bisa simak solusi troubleshooting hardware pada jaringan wifi.
            4.2. Hasil Pengamatan
                  4.2.1. Hardware
                        a). Trouble shooting Modem ADSL
                        b). Trouble shooting Mikrotik RB750
                        c). Trouble shooting Access point TP LINK

      4.2.2 Setingan
            a). Setingan IP Address Modem ADS
            b). Setingan IP Address Mikrotik RB 750
            c). Setingan IP Address Access point TP LINK




4.3 Pemecahan Masalah
    4.3.1 Trouble shoting/Permasalahan pada hardware
            4.3.1.1 Trouble shooting Modem ADSL
            Pada sistem jaringan ini, Modem ADSL adalah inti dari seluruh bagian jaringan Wifi yang kita bangun. Karena medem ini lah yang pertama sekali menerima jaringan dari Telkom subulussalam. Untuk mengetahui modem ini masih berfungsi atau tidah ialah dengan cara :
            a). Cek lampu power pada modem menyala atau tidak
            b). Cek Ip Address Modem ADSL mau connect atau tidak
           
            4.3.1.2 Trouble shooting Mikrotik RB 750
            Pada sistem jaringan ini, fungsi dari mikrotik RB750 ada sebagai pembuat hotspot / jaringan dan sebagai pembagi kecepatan / band witch kecepatan access internet kita. Cara mengetahui alat ini masih berfungsi atau tidak ialah dengan cara :
            a). Cek lampu power pada Mikrotik RB750 menyala atau tidak
            b). Cek IP Address Mikrotik Rb 750 Mau connect atau tidak

4.3.1.3 Trouble shooting Access point TP LINK
Pada sistem jaringan ini, access point berfungsi sebagai penerima sinyal atau penangkap sinyal dari client ke server. Untuk mengetahui alat ini masih berfungsi atau tidak ialah dengan cara  :
a). Cek lampu power pada access point TP LINK menyala atau tidak
b). Cek IP Address access Point TP LINK mau connect atau tidak
                 4.4 Cara Pemasangan
                        a). Setting IP Addres Modem ADSL dengan cara :
                                    Pada setiap alat untuk jaringan diberi IP Address bawaan yang bisa kita rubah dengancara :
            >.Control Panel
            >.Ntwork and internet
            >.Network and sharing center
            >. Kemudian pilih change adapter setting
            >. Klik kanan pada local area connection dan pilih properties
            >. Arahkan cursor ke IPv4, kemudian properties
>. Akan tampil seperti di bawah ini, selanjutnya pilih use the following IP address. Maksudnya yaitu untuk mengatur IP secara manual. Di bawah ini saya contohkan IP modemnya 192.168.1.1, maka IP computer atau laptop di isi dengan 192.168.1.2. IP modem dan IP computer atau laptop tidak boleh sama, karena dalam sebuah IP, networknya harus sama dan hostnya berbeda. Kemudian gateway kita isi dengan IP modem tersebut. Jika sudah selesai, maka pilih OK
http://1.bp.blogspot.com/-KqMpuNftTOQ/UjGpkDU08-I/AAAAAAAAAH4/9UnVj8pxEmk/s320/5.png 








                                                                                                                  
                                                                                                                  
http://3.bp.blogspot.com/-1oVzquzht_A/UjGpmF6QlII/AAAAAAAAAIE/Ocl5CUvsknA/s320/6.png>. Selanjutnya kita connectkan computer atau laptop dengan modemnya, dengan cara ke CMD, kemudian ketikkan ping <IP modemnya>. Contohnya ping 192.168.1.1. Jika muncul TTL, maka proses mengconectkan berhasil. 





                       


http://3.bp.blogspot.com/-YSPBS2gzo2I/UjGpn3HfSmI/AAAAAAAAAIM/KVDHEbZrP_k/s320/8.png.> Ke browser, kemudian di address bar isikan IP modemnya, tekan enter, selanjutnya di minta user name dan password, maka kita isi dengan user dan password yang ada di modem tersebut. Tekan OK. Disini saya contohkan IP modemnya 192.168.1.1 dan user name dan passwordnya adalah admin.




http://2.bp.blogspot.com/-4aBftFkS62E/UjGpswKyR2I/AAAAAAAAAIc/9yyh8-DUi7A/s320/9.png                        >. Akan muncul tampilan berikut






http://2.bp.blogspot.com/-bFWTgxgoOPc/UjGpJQJjbtI/AAAAAAAAAGc/vqJECnINVgw/s320/10.png                        >. Ke menu quick start, kemudian pilih run wizard











http://2.bp.blogspot.com/-fzJOojGZF1Q/UjGpIFrCr3I/AAAAAAAAAGU/xNh4ORfh4NE/s320/11.png                                >. Pilih next



  




                        >. Atur zona waktunya, jika sudah selesai maka pilih next






                                >. Pilih PPPoE/PPPoA, kemudian next








>. Isi username dan passwordnya yang sudah anda daftarkan di BRAS /  sentral telepon, kemudian next.
                                     http://2.bp.blogspot.com/-6jQk011Ta_8/UjGpOU9qP4I/AAAAAAAAAGw/7LN4bFJRNO8/s320/14.png 
                                >. Pilih next


http://1.bp.blogspot.com/-spU4SQ_upEU/UjGpR-C3eUI/AAAAAAAAAHA/SlEl8vAV9JQ/s320/15.png










http://3.bp.blogspot.com/-cZk5CiinOoc/UjGpSbftaCI/AAAAAAAAAHE/LiFvF7vo3g4/s320/16.png                        >. Pilih close




                        >. Ke menu status, untuk melihat apakah mendapatkan IP atau belum.
>. Jika sudah mendapatkan IP, selanjutnya ke menu interface setup, kemudian ke LAN. Di menu tersebut DHCP di enablekan. Sehingga setiap computer mendapatkan IP secara otomatis. Sebelumnya kita terlebih dahulu menyetting IPnya supaya mendapatkan IP secara otomatis, dengan langkah-langkah berikut ini :
a. Klik kanan pada gambar tv di bawah, kemudian pilih open                                                                                                                     network and sharing center
b. Maka akan muncul tampilan, kemudian pilih change adapter    setting
c. Klik kanan pada local area connection dan pilih properties
d. Arahkan cursor ke IPv4, kemudian properties
e. Pilih obtain an IP address automaticly agar mendapatkan IP secara otomatis, kemudian OK
f.Selanjutnya di local area connection, klik kanan dan pilih status untuk melihat IP yang di dapatkan pada computer atau laptop tersebut
g. Jika sudah berhasil mendapatkan IPnya, selanjutnya kita test browsing. Untuk pertama kali browsing akan muncul error, dan untuk seterusnya akan berhasil. Contoh setelah selesai instalasi dan konfigurasi.


BAB V
ANALISA
            5.1 Analisa
Dengan tahap pembuatan laporan praktek industri ini, penulis dapat menganalisis tentang  urutan susunan alat untuk menangkap jaringan wifi dan cara menseting alat. Dalam susunan alat ini jika tidak berurut maka tidak akan mendapat kan sinyal jaringan dan tidak juga menutupi kemungkinan kabel yang rusak ( jelek / tidak bagus) juga mempengaruhi sinyal wifi yg tidak bagus. dalam sistem jaringan yang saya pelajari ini memiliki Susunan alat seperti :
1.      Modem ADSL
2.      Mikrotik RB750
3.      Access point TP LINK


Telkom subulussalam


tower.jpg

kabel rj.jpgkabel rj.jpgkabel rj.jpgMikrotik-RB750-1.pngTD-W8960N.jpg        



                                                                                             Modem ADSL
KAbel Dari Telkom



access ponit tp link.jpg




          Mikrotik RB750

  Access point TP LINK


BAB VIPENUTUP
                        6.1. Kesimpulan
Dari beberapa penjelasan di atas penulis dapat menyimpulkan langkah-langkah mencari permasalahan dalam Jaringan wifi dan cara mengatasinya, di antaranya sebagai berikut:
1.    Jaringan terdeteksi tetapi tidak bisa coonect, masalah jaringan seperti ini biasanya terjadi akibat access point indoor sudah tidak berfungsi lagi.Cara mengatasinya ialah dengan cara mengganti Access point indoor dengan yang baru.
2.    Sinyal jaringan bertanda seru, cara mengatasinya ialah :
a.   Control Panel
b.    Network And Sharing Center
c.   klik pada Change adapter Setting
d.  klik kanan pada Wireless Connection dan pilih Properties
e.   Klik dua kali pada Internet Protocol Version 4 (TCP/IPv4)
f.    Setelah itu kita akan melihat sebuah window yang menampilkan detail IP address pada komputer kita. Jika pada detail tersebut masih terisi, maka hapus terlebih dahulu terus pilih pilih Obtain an IP address automatically. Setelah itu klik OK, lau OK lagi. Tunggu beberapa saat hingga kita mendapatkan IP address dari DHCP server hotspot
g.   Perhatikan kembali icon wireless connection yang ada di bagian systray. Jika tanda seru sudah hilang berarti laptop kita sudah tersambung ke internet.
6.2 Saran
            Saran penulis adalah agar alat jaringan ini dapat bertahan dengan lama, usahakan pada saat hujan petir matika seluruh alat agar tidak terkena petir.



0 Comment "Contoh Laporan Praktek Kerja Industri ( PRAKERIN ) TKJ SMKN Tentang TROUBLE SHOOTING JARINGAN WIFI"